6.11.22

IKAMaT Lakukan Pendampingan Penanaman dan Pemantauan 6.000 Bibit Mangrove kepada PT Samudera Indonesia dan Benih Baik di Semarang Mangrove Center

Semarang - IKAMaT. IKAMaT kembali melakukan program pendampingan penanaman dan pemantauan mangrove, kali ini kepada PT Samudera Indonesia dan Benih Baik yang menanam sebanyak 6.000 bibit mangrove di Semarang Mangrove Center (SMC) Jawa Tengah (Jateng), Mangunharjo, Semarang. Acara yang dimulai dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB ini, dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari para karyawan PT Samudera Indonesia dan afiliasinya. (29/10/2022).

Acara diawali dengan sambutan dari Nadya Anette (Direktur) Samudera Peduli, CSR PT Samudera Indonesia, yang kemudian dilanjutkan dengan Mujidin (Ketua RW 7).

“Kami ingin agar Bapak dan Ibu sekalian yang ada di sini, dapat merasakan langsung aksi peduli kita terhadap lingkungan, khususnya untuk pesisir yang ada di Indonesia ini, lewat penanaman mangrove," kata Nadya. "Harapannya, acara ini akan dapat memberikan pengalaman yang berkesan untuk Anda semua,” lanjutnya.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai mangrove, berikut teknik penanamannya yang baik dan benar oleh Gagas Tri Pamungkas (Manajer Lapangan).

“Jadi, tumbuhan mangrove ini bisa mencegah abrasi pantai, karena memiliki fungsi fisik. Selain itu, mangrove juga berfungsi dari segi ekologi, sosial ekonomi dan sumber daya dan jasa yang sangat penting bagi lingkungan pesisir. Namun sayangnya, ekosistem mangrove di Pantai Utara Jawa, khususnya di Semarang ini, mengalami tekanan lahan akibat dari aktivitas manusia," jelas Gagas. "Itulah sebabnya, maka kita perlu melakukan penanaman mangrove,” tambahnya.

Selanjutnya, peserta langsung menuju ke lokasi penanaman mangrove. Pada kesempatan ini, bibit yang ditanam adalah dari jenis Rhizophora atau Bakau, mengingat substrat di lokasi adalah lumpur berpasir yang merupakan habitat bagi Rhizophora.

Peserta tampak sangat antusias saat penanaman berlangsung. Area di sekitar pertambakan seketika menjadi ramai dengan karyawan PT Samudera Indonesia dan afiliasinya.

“Saya baru kali ini mengikuti acara penanaman mangrove. Rasanya seru sekali, bisa langsung turun ke lumpur menanam mangrove," kata salah satu peserta. "Semoga bibit mangrovenya dapat tumbuh dengan baik sehingga mampu menjaga pesisir kita dari abrasi pantai, seperti yang tadi dijelaskan oleh IKAMaT,” harapnya.

Usai penanaman, peserta membersihkan dirinya dan melanjutkan acara berupa permainan dan pembagian doorprize. Acara yang berlangsung dengan baik dan lancar ini, ditutup dengan makan siang, foto bersama dan pemberian kenang-kenangan dari PT Samudea Indonesia kepada pihak pendukung acara. (GTP/ADM/AP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar