17.1.22

IKAMaT Narasumber Webinar LDII di Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Semarang - IKAMaT. IKAMaT kembali didaulat sebagai narasumber, kali ini, dalam acara Penanaman Pohon dan Webinar dengan tema “Pohon Sebagai Sumber Kehidupan dan Penghidupan” yang diseleggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPP LDII) bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII DKI. (12/12/21).

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini, bertujuan untuk berkontribusi dalam mewujudkan sumber daya manusia profesional, religius, dan berwawasan lingkungan melalui peningkatan kapasitas pengetahuan, pemahaman khususnya terkait manfaat pohon sebagai pencegah longsor dan banjir serta sumber oksigen dan pangan. 

Agar pengetahuan dan praktik terbaik yang dicontohkan dapat diserap dengan baik dan selanjutnya dipraktikkan, maka target peserta adalah orang dewasa (minimal pelajar kelas XII SMA/K), warga LDII yang tinggal di pusat-pusat aktivitas warga LDII (pondok pesantren, pondok pelajar mahasiswa dan sekolah) maupun umum. Pengurus DPW, DPD, PC dan PAC LDII sebagai penggerak warga LDII, dalam kegiatan penanaman dan perawatan pohon di wilayahnya masing-masing, juga menghadiri acara ini. 

Acara diawali dengan kegiatan penanaman pohon di pagi hari secara offline, yang dilanjutkan dengan kegiatan webinar secara daring melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting. 

Webinar yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini, dimoderatori oleh Ben Kasyafani yang menghadirkan tiga narasumber. 

Materi pertama disampaikan oleh Dr. Ir. Mahfudz. M.P. (Kepala Pusat Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal KLHK) dengan materinya, yaitu Sinergi Pemerintah, Masyarakat dan Swasta dalam Gerakan Tanam Pohon untuk Kehidupan dan Penghidupan. 

Materi kedua disampaikan oleh Ganis Riyan Efendi (Dirut IKAMaT) dengan materinya, yaitu Mangrove Sebagai Barier Bencana dan Sumber Kehidupan. Secara umum, materi yang disampaikan berupa pengenalan mangrove dasar, yaitu pengertian mangrove, fungsi dan manfaat mangrove serta pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir. 

Materi terakhir disampaikan oleh Prof. Dr. Rubiyo, MS (DPP LDII/BRIN) dengan materinya, yaitu Kombinasi Pohon dan Tanaman Pertanian (Agroforestry) sebagai Sumber Pangan dan Pencegahan Bencana Longsor. 

Dalam kesempatan ini, Ganis memaparkan pengalaman IKAMaT dalam melestarikan hutan mangrove di Indonesia. Selain menyampaikan data dan fakta terbaru mengenai kerusakan ekoistem mangrove di Indonesia, Ganis juga menjelaskan mengenai pentingnya fungsi dan manfaat mangrove bagi keseimbangan alam dan kehidupan manusia di bumi.

Ekosistem mangrove memiliki fungsi ekologi, biologi, ekonomi dan sumber daya dan jasa. Namun, masyarakat lebih mengenal hutan mangrove sebagai pencegah abrasi dan penghalang tsunami. Padahal, dua fungsi terakhirnya juga sangat penting, karena berhubungan langsung dengan kesejahteraan warga pesisir, mengingat buah mangrove dapat dibudi daya untuk dimanfaatkan sebagai kopi, batik, tepung, dan olahan makanan dan minuman mangrove lainnya sehingga berperan penting dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat. 

“Kami sangat berterima kasih kepada panitia penyelenggara, DPP LDII yang telah mengundang kami sebagai pengisi webinar ini," kata Dirut. "Melalui kegiatan ini, tentu misi dan visi kami untuk memperkenalkan sekaligus mengkampanyekan mangrove ke khalayak yang lebih luas, dapat terwadahi dengan baik. Harapan saya, acara serupa dapat terus dilaksanakan secara rutin,” lanjutnya. 

Keseluruhan acara berlangsung dengan baik dan lancar yang diakhiri pada pukul 12.00 WIB dengan doa dan foto bersama. (GRE/AP/ADM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar