30.11.14

IKAMaT Sukses Gelar Mangrovestasi Kompas Muda dan Bank BRI di Semarang

Semarang - IKAMaT. Pada tanggal 26 - 27 November 2014, Yayasan IKAMaT yang dipercaya oleh Kompas Muda dan Bank BRI dengan program CSR-nya Bangga BerIndonesia sebagai pihak penyelenggara program Mangrovestasi: Gerakan Tanam Mangrove untuk Investasi Masa Depan, sukses menghadirkan beragam acara menarik di kawasan pesisir Mangkang Wetan, Semarang yang berbalut aksi penyelamatan ekosistem mangrove.

Acara yang di hari pertama, dimulai dari pagi hingga sore hari menjelang Manghrib ini, diawali dengan pembukaan acara yang diisi dengan sambutan-sambutan oleh pihak Kompas Muda dan Bank BRI beserta sponsor acara, juga penyerahan secara simbolis, bantuan berupa bibit mangrove kepada warga Mangkang Wetan.

Bantuan ini, sebagai bukti kepedulian Kompas Muda dan Bank BRI dalam turut serta menyelamatkan mangrove di kawasan pesisir Semarang yang sudah tergerus oleh abrasi.

Acara dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove oleh warga setempat, juga para pelajar SMP, Madrasah dan SMA di Semarang, yang kurang lebih berjumlah tiga ratus orang.

Aksi penanaman mangrove bibit Rhizophora ini, bertujuan untuk semakin menarik minat warga pesisir di Mangkang Wetan akan pentingnya menjaga ekosistem mangrove di pesisirnya, mengingat daerah ini merupakan pusat olahan jajanan dan batik mangrove di Semarang.

Setelah penanaman mangrove selesai, kegiatan dilanjutkan dengan hiburan oleh band mangrove KeSEMaTUSTIK dan Campur Sari, untuk menghibur peserta sembari beristirahat, menuju acara selanjutnya.

Stand Mangrovestasi di Semarang, dipusatkan di lapangan sepakbola Mangkang Wetan, yang diisi dengan pameran beragam produk mangrove, seperti jajanan mangrove berlabel Mas Jamang, batik mangrove berlabel Batik Bakau, olahan kepiting bakau, produk-produk perikanan dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat juga booth bazar murah dari Alfamart, pengobatan gratis dari PMI, jurnalistik KOMPAS, komunitas Kompas Muda Semarang, Bank BRI, olahan perikanan UKM warga setempat, dan masih banyak lagi.

Acara dilanjutkan dengan Lomba Melukis Layang-layang, Pecah Air dengan Propagul Mangrove dan Lomba Makan Krupuk, yang diikuti oleh para pelajar dan warga setempat. Acara berlangsung meriah, juga banyak hadiah sehingga lokasi pelaksanaan Mangrovestasi semakin dipadati pengunjung.

Jalan Sehat yang diikuti oleh hampir semua warga desa Mangkang Wetan berlangsung unik, karena Yayasan IKAMaT dan Kompas Muda Semarang selaku panitia, membuat semacam gunungan dari kue mangrove, yang dibentuk sedemikian rupa dan digotong beramai-ramai bersama warga sepanjang perjalanan.

Acara di hari pertama diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba-lomba dan pembagian doorprize dari sponsor, diantaranya kulkas, HP, sepeda, televisi dann lain-lain.

Pada hari kedua, acara dilanjutkan dengan pemberian penyuluhan mengenai pentingnya peranan hutan mangrove bagi kehidupan manusia, dilihat dari segi ekologi, ekonomi dan juga biologi oleh Bapak Kamto Wahyono dari Yayasan IKAMaT.

Bapak Santa dari Kompas Muda Jakarta, juga menjelaskan mengenai Jurnalistik dan komunitas Kompas Muda yang bertujuan untuk mengajak peran serta aktif para generasi muda untuk mulai peduli dengan kawasan pesisirnya.

Kegiatan di hari kedua yang dipusatkan di MA Nurul Huda Semarang ini, juga diisi dengan beberapa kegiatan Kompas Muda Semarang dalam bidang lingkungan dan juga jurnalistik.

Keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar, yang ditutup dengan beberapa permainan dan pembagian doorprize kepada para siswa, juga foto bersama.

Semoga saja dengan adanya Mangrovestasi ini, maka kedepan pesisir di Indonesia akan semakin hijau dengan hutan mangrove, mengingat pentingnya peranan tumbuhan pesisir ini, bagi masa depan umat manusia. Amin. Semangat MANGROVER!