17.11.14

Ikuti dan Saksikan, Mangrovestasi: Gerakan Tanam Mangrove untuk Investasi Masa Depan!

Semarang - IKAMaT. Pada tanggal 26 - 27 November 2014, Kompas MuDA, BRI Peduli bekerjasama dengan Yayasan IKAMaT, akan menyelenggarakan program Mangrovestasi: Gerakan Tanam Mangrove untuk Investasi Masa Depan. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Sepakbola, Mangkang Wetan, Semarang, mulai dari pagi hingga sore hari.

Setelah sukses dengan program Mangrovestasi di tahun 2013 yang bertema “Hutan Sekolah - Ayo Hijaukan Sekolahmu!”, Kompas MuDA bersama BRI Peduli, kali ini bekerjasama dengan Yayasan IKAMaT, kembali melanjutkan aksi hijau yang lain di tahun 2014.

Beberapa hal yang melatarbelakangi dan menjadi tujuan dari kegiatan ini, diantaranya adalah:
1. Kondisi mangrove di Indonesia yang saat ini mengkhawatirkan perlu untuk dikonservasi, salah satunya melalui gerakan kalangan generasi muda, yaitu komunitas Kompas MuDA.
2. Menjadi media edukasi untuk menyampaikan pesan peduli lingkungan dan menciptakan agen perubahan di masa depan dalam berbagai hal.
3. Meningkatkan kesadaran generasi MuDA terhadap pentingnya pelestarian ekosistem mangrove di lingkungan sekitar mereka.
4. Pembinaan komunitas MuDA terhadap peningkatan pemberdayaan ekonomi melalui kreativitas mangrove.
5. Memberikan wawasan dan meningkatkan kreatifitas serta skill generasi MuDA dalam dunia desain grafis melalui kegiatan kompetisi design.
6. Meningkatkan brand awareness serta brand image Kompas Muda dan BRI Peduli di kalangan anak muda seluruh Indonesia.

Mangrovestasi diselenggarakan di 10 kota di Indonesia, yang di Semarang dipusatkan di Mangkang Wetan. Kegiatan yang dilakukan selama dua hari, adalah sebagai berikut:

Day I. Gerakan Tanam Mangrove: 26 November 2014 
Kegiatan tanam bibit mangrove oleh siswa dari tiga sekolah partisipan (300 siswa, masing-masing 100 siswa/sekolah). Sekolah yang akan berpartisipasi, yaitu SMP Muhammadiyah 9, Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah, Madrasah Tsanawiyah Uswatun Hasanah dan MA Nurul Huda.

Day II. Roadshow Sekolah: 27 November 2014
Lokasi di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah, Semarang. Kegiatan akan diisi dengan workshop dan edukasi pengolahan limbah dan buah mangrove menjadi sumber pemberdayaan ekonomi oleh Bapak Kamto Wahyono selaku owner Mas Jamang (Jajanan Mangrove Asli Semarang) dan pembicara dari BRI untuk materi dari sisi finansial dan marketingnya. Kegiatan juga akan diisi dengan Edukasi Journalistic Clinic oleh redaksi Kompas MuDA, dan sosialisasi website Kompas MuDA.

Tak hanya itu, selama dua hari pelaksanaan, Mangrovestasi di Semarang ini juga akan dimeriahkan dengan beragam acara lainnya, diantaranya:
1. Pameran olahan mangrove dan UKM di wilayah setempat.
2. Talkshow mangrove dan donasi buku.
3. Lomba SD: pecah air, paku dalam botol, makan kerupuk, dan sendok kelereng.
4. Lomba SMP: melukis layang-layang.
5. Penanaman mangrove, lomba kostum pesisir, jalan sehat, bazaar murah, donor darah, dan pengobatan gratis.
6. Hiburan: campur sari oleh Kangmas Production dan live musik akustik oleh KeSEMaTUSTIK.

Terdapat juga, banyak hadiah dan doorprize yang akan dibagikan, seperti almari es, handphone, sepeda, dan televisi dari sponsor. Tunggu apalagi, catat harinya, datang, ikuti acaranya dan dapatkan hadiah menarik.

Jangan lupa, 26 - 27 November 2014 di Lapangan Sepakbola, Mangkang Wetan, Semarang, dari pagi sampai sore hari. Info selengkapnya bisa menghubungi CP. Faisal 085 740 100 983. Semangat MANGROVER!