16.11.14

IKAMaT Dampingi Masyarakat Pulau Ngenang Kota Batam Bangun Bedeng Pembibitan Mangrove

Batam – IKAMaT. Pada tanggal 25 Oktober – 30 Oktober 2014, IKAMaT yang diwakili oleh Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan, Sdr. Rohmat Kuslarsono dan Sdr. Ganis Riyan Efendi menjadi pembicara dan trainer, selama kurang lebih 5 hari dalam acara Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pulau Ngenang.

Kegiatan ini merupakan kerja sama IKAMaT dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta, dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Batam yang didukung oleh PT. Pertamina Trans Kontinental.

Rangkaian kegiatan dalam acara yang dilaksanakan di Pulau Ngenang Kecamatan Nongsa, Kota Bata ini dimulai dari social mapping, survei ekosistem mangrove, penyuluhan pengenalan dan pembibitan mangrove, dan pembangunan bedeng persemaian mangrove.

Dihari pertama, tim dari IKAMaT melakukan social mapping untuk mengetahui kondisi sosial masyarakat pulau Ngenang yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan menggali informasi mengenai pengetahuan mangrovenya.

Dihari kedua, tim IKAMaT memberikan penyuluhan mengenai ekosistem mangrove dan teknik pembibitan mangrove, sekaligus mendampingi kelompok masyarakat dalam pembuatan bedeng persemaian, mulai dari survey lokasi yang sesuai untuk dijadikan lokasi pembibitan, hingga pembuatan desain bedeng yang dikondisikan dengan kondisi dan situasi area tersebut.

Keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang menghasilkan beberapa rekomendasi penting untuk penyelenggaraan kegiatan serupa, tahun depan.