26.7.24

IKAMaT Kirim Pokdarwis Putri Gundul Ikut Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Pramuwisata di Yogyakarta

Yogyakarta - IKAMaT. IKAMaT dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk mengirimkan salah satu anggota dari Pokdarwis Putri Gundul Desa Citeureup mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Pramuwisata di Yogyakarta. Pelatihan diadakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia (JDI). (24-25/4/2024).

Yusuf Haetami (Anggota Pokdarwis Putri Gundul) mengikuti pelatihan selama 6 jam pelajaran dalam waktu 1 hari. Materi pelatihan diberikan oleh Yusup Hendriyanto (Pelatih LSP JDI), diantaranya mengenai:

Bekerja sama dengan Kolega dan Wisatawan
Materi yang berhubungan dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang diperlukan untuk menjamin kinerja yang efektif dari seorang pramuwisata, meliputi:
  1. Kode etik pramuwisata.
  2. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan kepramuwisataan.
  3. Prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja.
Mengembangkan Pengetahuan Destinasi
Materi yang berhubungan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan dalam rangka memimpin perjalanan wisata termasuk mencari, mengumpulkan, memelihara serta mengembangkan informasi khusus Negara tujuan, dan mempelajari etika dan budaya internasional sesuai penugasan yang diberikan, meliputi:
  1. Mencari, mengumpulkan, memelihara serta mengembangkan informasi umum dan khusus terkait dengan negara/kota tujuan.
  2. Mencari, mengumpulkan, memelihara serta mengembangkan informasi etika dan budaya internasional. 
Melakukan Persiapan Tour
Materi yang berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan dalam rangka memimpin perjalanan wisata termasuk mempelajari isi master file, mempersiapkan dokumen perjalanan, mempersiapkan rooming list, mempersiapkan perlengkapan perjalanan, mempersiapkan biaya operasional sesuai penugasan yang diberikan, meliputi:
  1. Mempersiapkan master file.
  2. Mempersiapkan dokumen perjalanan.
  3. Mengatur kamar.
  4. Perlengkapan perjalanan.
  5. Mempersiapkan biaya pengeluaran operasional.
Standar Presentasi Personal Pramuwisata
Materi yang berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan meningkatkan citra diri yang tercermin melalui attitude dan penampilan di tempat kerja, meliputi:
  1. Standar grooming untuk citra diri.
  2. Performance dalam pelayanan.
  3. Keterampilan berkomunikasi.
Pada akhir pelatihan, dilakukan tes uji kompetensi untuk mengukur seberapa jauh materi yang disampaikan oleh pelatih telah dipahami oleh peserta pelatihan. Hasilnya, Yusuf meraih nilai yang baik dan dinyatakan kompeten oleh Liliek Hary Saputro Sri Atmojo (Asesor BNSP).

“Selamat, Anda telah direkomendasikan kompeten pada skema pramuwisata pada tanggal 25 April 2024,” kata Liliek. "Selanjutnya, silakan menunggu hasil rapat pleno, selama maksimal 30 hari kerja. Terima kasih,” lanjutnya.

Yusuf mengatakan bahwa dia sangat senang dapat mengikuti sertifikasi tersebut dengan baik hingga dapat dinyatakan kompeten sehingga mendapatkan sertifikasi BNSP yang dapat menunjang kompetensinya dalam mengembangkan ekowisata mangrove di Desa Citeureup.

“Semoga ilmu yang saya dapatkan selama pelatihan ini, dapat saya terapkan di Desa Citeureup untuk mengembangkan  Ekowisata Lembur Mangrove Patikang,” harap Yusuf.

Keseluruhan kegiatan pelatihan berlangsung dengan baik dan lancar yang ditutup dengan foto bersama. (RS /AP/ADM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar