30.7.18

Press Release Beasiswa Anak Pesisir Indonesia 2018

Semarang - IKAMaT. Dengan ini diumumkan kepada masyarakat luas, bahwa Yayasan IKAMaT bekerja sama dengan KeMANGTEER Indonesia menyelenggarakan program Beasiswa Anak Pesisir Indonesia (BAPI) 2018 dengan bentuk kegiatan Edukasi Mangrove dan Penyerahan Beasiswa.

BAPI diinisiasi oleh Yayasan IKAMaT, untuk membantu pengembangan karakter anak-anak pesisir di seluruh Indonesia, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Rekan-rekan pers dan media yang ingin meliput kegiatan ini, dapat mencermati press release, di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Hutan mangrove merupakan ekosistem yang khas yang terdapat di daerah pantai tropis. Hutan mangrove mengandung sumber daya alam yang sangat melimpah dalam hal nilai ekonomis serta fungsi ekologisnya.

Fungsi hutan mangrove yang paling utama adalah sebagai pencegah abrasi, pencegah intrusi air laut, tempat perkembangbiakan flora dan fauna sehingga hutan mangrove senantiasa harus selalu dijaga kelestariannya.

Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki kapasitas serta keterampilan yang siap pakai untuk melaksanakan hal itu. Pendidikan sangat dibutuhkan oleh generasi penerus bangsa.

Dengan pendidikan, maka Indonesia akan memiliki sumber daya manusia yang mumpuni untuk kemajuan bangsa. Tak kalah penting, pendidikan juga akan menciptakan karakter manusia Indonesia yang cerdas, yang mampu bersaing dengan negara-negara lain di era global, sekarang ini.

Kami menyadari bahwa pendidikan lingkungan dan penyadaran akan arti pentingnya mangrove, harus dimulai semenjak dini, dengan harapan mampu menciptakan generasi yang melek mangrove di masa depan.

Melihat kenyataan ini, maka Yayasan IKAMaT berusaha turut serta menyiapkan pendidikan karakter bagi generasi penerus bangsa. Melalui program Beasiswa Anak Pesisir Indonesia (BAPI), kami memberikan beasiswa kepada para pelajar, mulai dari SD, SMP dan SMA yang berdomisili di kawasan pesisir Indonesia.

Pada tahun 2017, Yayasan IKAMaT bersama dengan KeAMaT telah menyelenggarakan program BAPI di Sekolah Dasar (SD) Negeri Bedono 1 Demak. Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyelenggaraan program BAPI 2018 melibatkan KeMANGTEER sehingga jangkauan program semakin luas.

TUJUAN UMUM 
Menyalurkan program donasi dalam bentuk beasiswa dan sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove, umumnya kepada kalangan pelajar, khususnya kepada pelajar di pesisir Indonesia.

TUJUAN KHUSUS
Memberikan bantuan pendidikan dalam bentuk beasiswa maupun sarana serta memberi pengertian, penjelasan, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar SD di pesisir Serang dan Jakarta.

PELAKSANA KEGIATAN
Pelaksana kegiatan BAPI 2018 kali ini adalah KeMANGTEER Serang dan KeMANGTEER Jakarta. 

DESKRIPSI KEGIATAN
Acara akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Kegiatan akan dimulai dengan edukasi mangrove melalui penyampaian materi mengenai pengenalan dan pemanfaatan mangrove. Penyampaian materi dikemas dengan seru, seperti dongeng dan lomba menggambar mangrove.

Selanjutnya, kegiatan akan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang lomba menggambar dan beasiswa anak pesisir. Pemberian beasiswa ditujukan kepada pelajar berprestasi kelas 5 SD.

KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan BAPI 2018, dapat ditujukan kepada:

Ferri Septia Purwadi, S. Kel 
Manajer Pemberdayaan Masyarakat Yayasan IKAMaT
CP. +628562800420

IKAMaT merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan penelitian mangrove di pesisir Indonesia.

Sekretariat Yayasan IKAMaT
Jalan Bumi Wanamukti Blok I3/19 Semarang 50276
Jawa Tengah – Indonesia
P. +6285740100983
E. yayasanikamat@gmail.com
W. https://ikamat.org

Demikian press release ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat membantu memberikan solusi terhadap pendidikan bagi anak pesisir serta memberikan pembelajaran, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. (FSP/GRE/AP/ADM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar