23.4.15

IKAMaT Lakukan Pendataan Ekosistem Mangrove di Kabupaten Probolinggo

Probolinggo - IKAMaT. Pada tanggal 3- 6 April 2015 Tim dari Yayasan IKAMaT yang beranggotakan Muhammad Faisal Rachmansyah (Direktur Utama), Rohmat Kuslarsono (Direktur Desain Kreatif) dan Susi Rusmiati (Manajer Administrasi) bersama tim peneliti dari KeSEMaT melakukan pendataan ekosistem mangrove di Desa Bayeman dan Desa Pesisir Kabupaten Probolinggo.

Pendataan dilakukan dalam rangka Penyusunan Rancangan Teknis Rehabilitasi Mangrove yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan Perikanan, Jakarta. Pendataan ekosistem mangrove meliputi data struktur dan komposisi vegetasi mangrove, sosial ekonomi masyarakat setempat, analisa ukuran butir dan kandungan bahan organik sedimen serta dokumentasi selama kegiatan.

Dalam kesempatan ini, selama tiga hari tim didampingi oleh Ketua Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) untuk menunjukkan lokasi rehabilitasi dan ancaman kerusakan mangrove di Desa Bayeman dan Desa Pesisir.

Hal ini perlu dilakukan, karena data lapangan yang digunakan oleh tim selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka kegiatan rehabilitasi mangrove agar bibit mangrove yang ditanam memiliki kelulushidupan yang tinggi.

Selain itu, tim juga melakukan koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Probolinggo serta perangkat desa setempat sehingga stakeholder merasa terlibat dalam upaya penyelamatan ekosistem mangrove yang daerah lahannya sudah mulai dialihfungsikan.