20.12.23

Siapkan Program Pemberdayaan Masyarakat di Kawasan Pesisir, Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial Kunjungi IKAMaT

Semarang - IKAMaT. Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial (Humanis) melakukan kunjungan kerja ke IKAMaT dalam rangka penggalian informasi mengenai skema pengembangan mangrove dan pemberdayaan masyarakat pesisir yang dilakukan oleh IKAMaT di wilayah kerjanya. (20/6/2023).

Sebagai informasi, Humanis - afiliasi dari Hivos - merupakan organisasi pembangunan nirlaba yang berbasis di Jakarta dan bekerja di wilayah Asia Tenggara.

Humanis bekerja dengan kelompok-kelompok yang terpinggirkan dan para pelopor untuk menggunakan hak-hak dan kebebasan, membawa perubahan, mempengaruhi keputusan dan meminta pertanggungjawaban para penguasa.

"Hivos merupakan organisasi kerja sama internasional berasal dari Belanda yang bergerak di bidang humanities yang mmeiliki misi memperkuat dan menghubungkan suara-suara terkait keadilan sosial dan lingkungan serta menentang ketidakseimbangan kekuasaan, seperti gender equity," ujar Miranda (Green Society Programme Officer). "Saat ini, kami ingin melakukan pemberdayaan masyarakat pesisir dengan mangrove. Kami melihat IKAMaT sudah memiliki kapasitas dan pengalaman yang panjang bekerja di lahan pesisir. Untuk itulah, kami ingin belajar dan mencoba menggali informasi yang akan kami selaraskan dengan program kami," tambahnya.

Aris Priyono (Direktur Teknologi dan Informasi) menjelaskan bahwa program pemberdayaan masyarakat di wilayah pesisir tidak mudah dan memiliki tantangan yang kompleks.

"Warga pesisir memiliki budayanya sendiri. Tidak mudah untuk masuk membawakan suatu program pemberdayaan masyarakat kepada mereka. Butuh proses dan pendekatan yang efektif dan komprehensif," jelas Aris. "Selain itu, kita juga wajib membangun kepercayaan dengan mereka. Satu hal inilah yang menjadi penentu sukses tidaknya program kita di masa depan," lanjutnya.

Harapan kedepannya, Humanis dan IKAMaT dapat berkolaborasi untuk melakukan suatu program pemberdayaan masyarakat pesisir secara bersama di kawasan mangrove Pantai Utara Jawa.

Keseluruhan agenda diskusi dan pertemuan yang dimulai pada pukul 16.00 - 18.00 WIB ini, berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengen beberapa kesimpulan dan rekomendasi serta foto bersama. (FNH/AP/ADM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar