21.8.22

IKAMaT Lakukan Survei Lokasi Pembuatan Detail Engineering Design Pembangunan MECoK Ecopark di Teluk Awur, Jepara

Jepara - IKAMaT. IKAMaT bersama dengan KeSEMaT dam Tim Detail Engineering Design (DED) telah melakukan survei lokasi pembuatan DED untuk persiapan pembangunan MECoK Ecopark (ME) di Teluk Awur, Jepara. Kegiatan dilakukan dengan pengecekan tanah untuk pembangunan tancang jembatan kayu yang merupakan tracking mangrove ME yang terletak di kawasan MSTP UNDIP, Jepara. (16/8/2022).

Perjalanan ke Jepara dimulai pada pukul 13.30 WIB. Sesampainya di lokasi pada pukul 16.30 WIB, tim mengunjungi dermaga di MSTP terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan ground checking. 

“Untuk keperluan pembangunan jembatan kayu di dalam kawasan ME, kemungkinan akan ada sedikit kegiatan penjarangan. Namun sesuai arahan dari IKAMaT dan KeSEMaT, bisa juga tidak perlu ditebang, jadi tracking-nya yang akan mengikuti alur tegakan pohon,” ujar Timbul Hadiwidayat (Tim DED).

Setelah itu, tim melakukan observasi balok-kayu bekas pembongkaran kampus MSTP Jepara, yang sekiranya masih layak pakai. Rencananya, balok kayu tersebut akan dimanfaatkan untuk jembatan kayu di tracking mangrove.

“Agar zero waste, kami memanfaatkan balok-kayu bekas pembongkaran kampus MSTP, dan ini sesuai dengan harapan bahwa pembuatan ME di Taman Mini SDG’s Jepara ini, diharapkan dapat memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai,” terang Bagus Rahmatullah Dwi Angga (Direktur Program).

Gagas Tri Pamungkas (Manajer Lapangan) menjelaskan bahwa setelah 21 tahun KeSEMaT, IKAMaT dan afiliasi mangrovenya berjuang merealisasikannya, pada akhirnya ME, benar-benar akan terwujud di tahun ini, dengan dimulainya proyek survei lokasi pembuatan DED pembangunan ME di Teluk Awur, Jepara.

"Proyek ini adalah hasil kerja sama antara BRIN, FPIK UNDIP, UNDIP, IKAMaT dan KeSEMaT," kata Gagas. "Direncanakan, di akhir tahun ini, sudah akan berdiri mangrove trail, yaitu jembatan dari kayu yang dibangun di dalam ME yang terletak di Taman SDG's kawasan MSTP UNDIP, Jepara," lanjutnya. 

Keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang berakhir pada pukul 18.00 WIB dengan perjalanan kembali ke Semarang.(GTP/ADM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar