11.8.22

IKAMaT dan UNDIP Siap Bangun MECoK Ecopark di Taman Mini SDG’s Jepara

Semarang - IKAMaT. Proyek Pengembangan MECoK Ecopark di Teluk Awur, Jepara terus berlanjut. Kali ini, Tim IKAMaT dan KeSEMaT telah bertemu dengan Prof. Denny Nugroho Sugianto S.T., M.Si., selaku Ketua SDG's Center Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang. (10/8/2022).

Pertemuan yang dilakukan pada pukul 14.30 - 15.00 WIB di Ruang Rapat Widya Puraya Rektorat UNDIP  ini, membahas mengenai desain pembangunan tracking mangrove MECoK ECopark yang berada di kawasan Taman Mini SDG’s yang berada di Diponegoro Science Techno Park (DSTP), Teluk Awur, Jepara. Direncanakan, tracking mangrove ini akan dibangun sepanjang 300 hingga 500 meter.

Pada kesempatan ini, IKAMaT juga membawa tim ahli Detail Engineering Design (DED) yang menjelaskan bahwa rancangan DED akan disesuaikan dengan kondisi lapangan, dimana vegetasi berbagai jenis mangrove tumbuh dan berkembang baik. 

"Tim DED yang kami usulkan, sudah mengerjakan tracking mangrove di Rembang, Gresik dan Muara Angke di Jakarta," kata Bagus R. D. Angga, S.Kel. (Direktur Program). "Rencana kami, apabila disetujui, pembangunan tancang tracking mangrove akan dapat dibangun sebelum akhir September 2022 ini," lanjutnya.

Prof. Denny menyampaikan bahwa setelah DED selesai, pekerjaan pembangunan tracking mangrove dapat langsung dimulai.

Ganis Riyan Efendi, S.Kel., M.Si. (Direktur Utama) menambahkan bahwa saat ini, IKAMaT sedang dalam tahap penyusunan Surat Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara IKAMaT dan UNDIP untuk mempersiapkan pembangunan awal tracking mangrove di MECoK.

"Harapan kami, setelah tracking mangrove dibangun, tahun ini, masyarakat Jepara akan dapat menikmati suasana keindahan kawasan mangrove di MECoK Ecopark yang sudah dirintis KeSEMaT sejak 2001, yaitu 21 tahun yang lalu," kata Ganis. "Mohon doanya, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga pada saat Ekowisata Mangrove MECoK Ecopark telah dibuka untuk umum, nantinya akan dapat membantu perekonomian warga di sekitarnya," pungkasnya. (GTP/ADM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar