22.9.14

IKAMaT Pelopori Hadirnya Majalah Mangrove di Indonesia

Semarang - IKAMaT. Adalah tiga orang IKAMaTER yang mempelopori hadirnya Majalah Mangrove di Indonesia. Hadir bernama MANGROVEMAGZ, majalah online yang kedepannya akan dikembangkan versi cetaknya ini, diinisiasi berdirinya oleh Sdr. Ganis Riyan Efendi dan Sdr. Aris Priyono. Setelah hadir online kurang lebih selama dua bulan, maka pada tanggal 19 September 2014, MANGROVEMAGZ berhasil mengadakan eventnya yang pertama, dengan menggelar Diskusi Jurnalisme Lingkungan di salah satu cafe di Tembalang, Semarang.

Menghadirkan pembicara jurnalis senior yang pernah menjadi jurnalis di TEMPO dan NATGEO Indonesia, yaitu IGG Maha Adi, diskusi bertujuan untuk menginformasikan kepada warga di Semarang, mengenai kondisi jurnalisme lingkungan di Indonesia, sekaligus memberikan pengetahuan dasar mengenai teknik dasar menulis liputan yang baik dan benar.

IKAMaTER Sdri. Annisa Pertiwi yang menjadi ketua pelaksana di acara ini menjelaskan bahwa kedepan, kegiatan diskusi ini akan terus dilakukan, untuk menginformasikan kepada masyarakat akan arti pentingnya dunia jurnalis. Kebanyakan kita hanya senang berkegiatan saja tanpa mau menuliskannya. Padahal, hasil sebuah kegiatan sangat penting untuk ditulis, untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain, sekaligus sebagai sumber informasi yang bermanfaat.

Acara diadakan selama kurang lebih tiga jam, mulai pukul tujuh malam. Peserta diskusi nampak sangat antusias dalam berdiskusi. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan mulai dari awal hingga diskusi berakhir.

Peserta datang dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, jurnalis, pemerhati mangrove dan lingkungan, juga kelompok-kelompok mahasiswa yang peduli dengan lingkungan. Kegiatan keseluruhan berjalan dengan sukses dan lancar yang ditutup dengan pembagian sertifikat dan foto bersama.