22.9.24

IKAMaT Pemateri Bimbingan Teknis Pembinaan Penyuluhan Kehutanan Swadaya Masyarakat CDK Wilayah II DLHK Jateng di Pati

Semarang - IKAMaT. IKAMaT menjadi pemateri Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Penyuluhan Kehutanan Swadaya Masyarakat (P2KSM). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah II Pati, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Kegiatan diselenggarakan dalam rangka Pembinaan P2KSM di wilayah kerja CDK Wilayah II. (25/7/24).

Acara yang diselenggarakan di Kantor CDK Wilayah II Pati ini, dihadiri oleh berbagai elemen kelompok masyarakat terkait bidang kehutanan darat dan laut. Bimtek P2KSM dimulai dengan pembukaan oleh MC yang dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ganis R. Efendi (Direktur Utama). Ganis memperkenalkan mengenai IKAMaT dan menjelaskan kondisi pesisir di Pantai Utara (Pantura) Jawa.

“IKAMaT merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ekosistem mangrove dan mewujudkan kemakmuran masyarakat di kawasan pesisir,” kata Ganis. “Lahan mangrove di pesisir Pantura Jawa mulai hilang, dikarenakan oleh beberapa faktor. Contohnya di daerah Demak, hilangnya lahan mangrove di kawasan pesisir diakibatkan oleh subsidensi tanah dan penggunaan air tanah yang berlebih. Hal tersebut menyebabkan rob di pesisir Demak dan hilangnya ekosistem mangrove,” lanjutnya.

Guntoro (CDK Wilayah II) menambahkan bahwa kawasan pesisir Demak hilang karena tidak adanya sedimentasi sebagai akibat dari berbagai proyek yang dilakukan di wilayah tersebut yang menghambat laju sedimentasi.

"Kawasan yang tidak terlindung akan mudah terkena gelombang dan arus yang mengakibatkan mangrove di Demak lambat laun habis," ujar Guntoro. "Selain itu, pembangunan di kawasan pesisir Pantura Jawa juga menjadi penyebab utama hilangnya daratan di Demak,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Pada kesempatan ini, Sumarlan (nelayan Desa Puncel) mengatakan bahwa dia merasakan perubahan kondisi pesisir yang menyebabkan tangkapan ikannya berkurang karena kerusakan mangrove.

“Saya berharap ada bantuan dan dukungan dari pemerintah, LSM, dan komunitas terkait untuk dapat bekerja sama dalam memperbaiki kondisi pesisir di Pantura Jawa, terutama di Pati,” harapnya.

Acara ditutup dengan pernyataan dari Ganis mengenai terbukanya kesempatan kerja sama antara IKAMaT dan peserta bimtek. Keseluruhan kegiatan yang dimulai pada pukul 13.15 - 14.30 WIB ini berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengan penyampaian kesimpulan P2KSM dan foto bersama. (RS/AP/ADM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar