8.12.15

Dirut IKAMaT: Tanam Mangrove dan Bersih Pantai GPB2L Harus Jadi Agenda Tahunan

Semarang - IKAMaT. Pada tanggal 5 Desember 2015, IKAMaT menghadiri kegiatan Gerakan Pantai Bersih dan Laut Lestari (GPB2L) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia dan CV. KeMANGI. Acara yang diikuti oleh pelajar, mahasiswa, komunitas pecinta lingkungan, dan dinas terkait ini diselenggarakan di TPI Mangkang Kulon, Semarang.

Acara yang berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB ini diisi dengan pembukaan, sambutan-sambutan, penanaman 1000 bibit Cemara Laut, bersih pantai dan hiburan. Selain itu, acara yang melibatkan masyarakat sekitar ini dibuka oleh Joko Sutrisno dari Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi penanaman berada di pesisir pantai TPI Mangkang Kulon, sedangkan lokasi bersih pantai dilakukan di sepanjang pesisir Mangkang Kulon dan Mangunharjo.

Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terbukti dengan banyaknya terkumpul berbagai macam jenis sampah. Total sampah yang didapat mencapai 651 kg dari berbagai macam jenis sampah, mulai dari sampah plastik, kain, kaca, karet dan lain-lain.

Sampah-sampah ini nantinya akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk diproses lebih lanjut.

"Acara ini tentu mampu mengedukasi, baik pelajar hingga masyarakat, bahwa menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan sangatlah penting. Saya pribadi sangat mendukung acara GPB2L menanam mangrove dan membersihkan sampah ini, dan ini harus jadi agenda tahunan," ujar M. Faisal R. selaku Direktur IKAMaT. "Besar harapan saya, generasi muda saat ini terutama pelajar, turut berperan aktif dalam upaya kegiatan yang bersifat menjaga lingkungan, seperti ini," tambahnya.

Acara diakhiri dengan hiburan, pembagian doorprize oleh panitia dan ditutup dengan foto bersama.