8.5.15

Kunjungi Kendal, IKAMaT Kaji Kesesuaian Lahan Rehabilitasi Mangrove

Kendal – IKAMaT. Pada tanggal 1 April 2015 IKAMaT melakukan kajian kesesuaian lahan rehabilitasi mangrove yang diinisiasi oleh Kementerian Kelautan Perikanan di Desa Margorejo dan Desa Kartika Jaya, Kabupaten Kendal.

Tim pelaksana dari IKAMaT, yaitu Cahyadi Adhe Kurniawan, S.Kel dan Rohmat Kuslarsono, S.Kel melakukan pengamatan kondisi lapangan yang sesuai untuk dijadikan area penanaman mangrove.

Proses pengkajian didampingi oleh Dinas Kelautan Perikanan Kab. Kendal dan Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) di kedua desa. Pengamatan yang dilakukan, antara lain pengambilan data struktur dan komposisi mangrove, kandungan bahan organik dan ukuran butir sedimen, dominasi jenis mangrove yang hidup di kawasan tersebut, pola pasang surut dan arah arus, status lahan, luas lahan yang bisa ditanami, kesadaran kelompok dan dukungan stakeholder dalam rehabilitasi mangrove di kawasan tersebut.

Data-data yang sudah didapat, kemudian dibahas dan menyimpulkan sebuah rekomendasi dalam teknis perencanaan rehabilitasi mangrove di Kab. Kendal. Jenis mangrove yang dominan di kedua desa yaitu Rhizophora spp dan Avicennia spp. Sebagian besar lahan sudah mulai direhabilitasi dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan pemanfaatan buah mangrove sudah mulai dioptimalkan di Desa Kartika Jaya.